Beranda Karanganyar Menelusuri 17 Tempat Wisata di Solo dan Sekitar yang Paling Favorit

Menelusuri 17 Tempat Wisata di Solo dan Sekitar yang Paling Favorit

33
0
wisata solo jawa tengah

Berikut jejeran tempat wisata di Solo terbaik. Lokasinya hebat dan ditanggung pas untuk dikunjungi dengan keluarga atau rekan!

Apa Kamu sedang ingin bertandang ke kota Solo? Bila iya, kamu harus memerhatikan artikel ini sampai habis!

Kota Solo atau yang dikenal juga bernama Surakarta ialah kota besar yang berada di propinsi Jawa tengah, Indonesia. Kota ini mempunyai jargon pariwisata “Solo The Spirit of Java”, yang bermakna jika kota Solo ialah pusat kebudayaan Jawa.

Sesuai jargonnya, kota ini kaya kebudayaan dan daya magnet pariwisata yang harus kamu datangi.

Dimulai dari tujuan rekreasi rentang alam, kebudayaan, riwayat, sampai kulineran. Langsung saja, yok, baca jejeran tempat wisata di Solo yang terkenal dan sering dicari oleh beberapa pelancong

sewa bus semarang

Tempat Rekreasi di Solo yang Instagramable dan Harus Didatangi

Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog

Air terjun Jumog ialah opsi rekreasi alam seterusnya yang harus kamu datangi. Air terjun dengan tinggi 30 mtr. ini berada di lereng Gunung Lawu, Dusun Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, atau sekitaran 41 km dari Solo.

Selainnya mempersejuk mata, Kamu bisa juga berekreasi di pinggir sungai dan rasakan pengalaman bermain di sungai yang mengucur di bagian bawahnya, lho!

Harga ticket masuk yang dibandrol juga murah, Kamu. Cukup dengan Rp 5.000, kamu bisa nikmati panorama yang cantik dari Air Terjun Jumog.

The Heritage Palace Solo

The Heritage Palace Solo

Tak perlu jauh, kamu dapat rasakan rekreasi memiliki nuansa Eropa di Indonesia. Berada di jalan Permata Raya Dusun Tegalmulyo, The Heritage Palace Solo jadi tempat rekreasi favorite oleh beberapa pelancong.

Baca Juga : 30 Tempat Wisata Purwokerto yang Hits Kekinian dan Populer 2022

Bagaimana tidak? Nyaris tiap segi tempat ini mempunyai spot yang kekinian dan instagrammable! Ini benar-benar pas buat kamu yang menyenangi photo.

Tidak itu saja, kamu bisa juga nikmati sarana Museum Transportasi, Museum 3D Trik Art, Museum Industri, Omah Kwalik, dan ada banyak kembali.

Keraton Surakarta

Kota Solo penuh akan perjalanan riwayat dari Kesultanan Mataram. Beberapa sisa dari perjalanan panjang riwayat ini bisa kamu saksikan dengan bertandang ke Keraton Surakarta, yang dibangun oleh Susuhunan Pakubuwana II pada 1744 sebagai alternatif Keraton Kartasura yang sudah remuk.

Tidak hanya populer sebagai salah tujuan rekreasi di Solo, bangunan monumental ini sampai saat ini dipakai sebagai rumah Sri Sunan. Dengan beragam bangunan yang ada di kompleks Keraton Surakarta ini, dimulai dari museum, alun-alun, dan lain-lain, Kamu bisa menyaksikan beragam koleksi warisan Kasunanan yang monumental.

Grojogan Sewu Tawangmangu

Berada sekitaran 37 km dari pusat Kota Solo, Grojogan Sewu Tawangmangu sebagai tujuan rekreasi alam favorite yang dapat Kamu datangi saat ada di Solo. Air terjun dengan tinggi 80 mtr. ini sebagai salah satunya yang paling tinggi yang dapat Kamu dapatkan di daerah Jawa tengah.

Tetapi, untuk dapat capai lokasi air terjun, Kamu harus mendaki minimal 1.000 anak tangga. Tetapi, pemandangan alam yang cantik pada beberapa sisi tangga pasti membuat pendakian ini tidak berasa meletihkan.

Daerah Batik Kauman

Kampung Batik Kauman

Dikenali sebagai salah satunya Kota Batik selainnya Pekalongan dan Yogyakarta, pasti tidak komplet berkunjung ke Solo tanpa memburu Batik. Salah satunya lokasi yang cocok untuk menelusuri keelokan Batik di Solo ialah Daerah Batik Kauman.

Baca Juga : 25 Tempat Wisata Banjarnegara yang Instagramable

Bermacam tipe batik, dimulai dari batik catat tradisionil sampai batik kekinian dapat Kamu dapatkan di sini. Cukup banyak pelancong baik dari luar atau dalam negeri yang menyengaja berkunjung ke objek rekreasi Solo satu ini cuma untuk beli Batiknya yang populer, lho.

Museum Batik Danarhadi

Tempat wisata di Solo yang lain yang dapat Kamu datangi untuk pelajari kekayaan budaya Batik di Solo ialah Museum Batik Danarhadi.

Tujuan tempat rekreasi Solo satu ini tawarkan bermacam pola dan skema batik dari beragam daerah di semua Nusantara, lho.

Dimulai dari batik classic sampai kontemporer dapat Kamu dapatkan di sini. Di objek Rekreasi Solo ini kamu bisa juga melihat langsung bagaimana proses pembikinan Batik, lho.

Pura Mangkunegaran

istana mangkunegaran

Tujuan rekreasi riwayat di Solo selainnya Keraton Surakarta ialah Pura Mangkunegaran, istana istimewa yang dibuat sebagai tempat tempat tinggal beberapa pimpinan Kadipaten Praja Mangkunegaran.

Objek rekreasi Solo satu ini sebagai salah satunya pusat budaya dan seni Kota Solo di mana Kamu dapat mendapati koleksi-koleksi dari warisan Kerajaan Mataram dan Majapahit.

Disamping itu, tiap Rabu Kamu dapat melihat pertujukkan Gamelan di tempat rekreasi Solo satu ini.

Pasar Malam Ngarsopuro

Pasar Malam Ngarsopuro ialah tujuan rekreasi berbelanja yang ada di Jalan Diponegoro. Membuka tiap malam hari diakhir minggu, tujuan rekreasi Solo ini pas untuk Kamu yang mencari tempat berbelanja sekalian kuliner pada harga yang dapat dijangkau.

Baca Juga : Indahnya Wisata Alam Guci di Bumi Bahari Tegal

Bermacam produk dimulai dari mode, aksesori, beberapa barang seni, sampai kulineran tradisionil dan kekinian dapat Kamu dapatkan di sini.

Galabo Solo

Tempat rekreasi Solo seterusnya ini sebagai opsi untuk Kamu yang suka kulineran malam. Ada di Jalan Mayor Sunaryo, Kamu dapat bertandang ke Galabo Solo (Gladak Langen Bogan) di mana beragam penjual makanan ciri khas Solo dapat dicoba.

Museum Manusia Purba Sangiran

museum sangiran

Museum Manusia Purba Sangiran sebagai opsi objek rekreasi pembelajaran di Solo yang masuk ke daftar Situs Peninggalan Dunia UNESCO.

Museum ini tidak hanya simpan beragam koleksi fosil manusia dan hewan purba tapi juga jadi pusat riset kehidupan pra riwayat terkomplet di Asia, lho.

Museum Radya Pustaka

Museum seterusnya di Kota Solo yang dapat Kamu datangi sebagai objek rekreasi ialah Museum Raditya Pustaka Surakarta yang sudah berdiri semenjak 1890.

Museum ini sendiri sebagai tempat diletakkannya beragam koleksi beberapa benda kuno warisan riwayat Keraton Mataram dan warisan yang lain yang kuat hubungannya dengan Kota Solo dan Surakarta seperti Gamelan, Arca-arca, Keramik, Keris, beberapa buku Kuno, dan beberapa benda monumental yang lain.

Pasar Unik Triwindu

Untuk Kamu yang disebut fans beberapa barang unik, Pasat Unik Triwindu bisa saja opsi tujuan rekreasi berbelanja di Solo yang pas untukmu.

Beberapa barang unik seperti batik kuno, uang-uang kuno, koleksi barang otomotif sangat jarang, sampai lukisan dan ornament unik dapat Kamu mencari di pasar yang ada di Jalan Diponegoro ini.

Taman Sriwedari

Taman Sriwedari ialah sebuah kompleks pertamanan yang sudah ada semenjak zaman kepimpinan Pakubuwana X dan sebagai tempat penyelenggaraan teratur selingan Malam Selikuran.

Salah satunya sarana di objek rekreasi Solo ini ialah Gedung Wayang Orang Sriwedari sebagai tempat pertunjukan atraksi wayang orang.

Benteng Vastenburg

Untuk menelusuri riwayat di Solo, Benteng Vastenburg yang dibandung semenjak 1745 ini sebagai salah satunya arah rekreasi yang dapat Kamu kunjungi.

Dibandung atas perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff, benteng ini awalannya sebagai pusan kontrol pemerintah Keraton Surakarta.

Walau beberapa dari bangunan benteng ini telah berbentuk beberapa puing, masih tetap ada beberapa sisa susunan kuat dari saksi bisu wargaan Belanda di dataran Jawa ini yang dapat Kamu eksploitasi.

Bendungan Colo, Sukoharjo

Bendungan yang ada di teritori Sukoharjo ini sebetulnya dibandung sebagai sarana penampung air.

Tetapi, karena kekhasan susunannya, bendungan Colo menjelma menjadi satu diantara arah wisata di Solo, terutamanya untuk kamu yang cari tempat photo yang instagramable.

Candi Sukuh

candi sukuh

Sedikit menyisih ke Kabupaten Karanganyar, Kamu dapat mencoba datangi Candi Sukuh. Warisan kuno bercorak Hindu ini pertama kalinya diketemukan oleh Thomas Stanford Raffles pada 1815.

Susunan candi ini mempunyai wujud trapesium yang sepintas seperti kuil-kuil suku Maya di Chichen Itza, Meksiko.

Salah satunya hal yang populer dari objek rekreasi satu ini ialah kehadiran replika-replika dengan corak erotis dan dewasa hingga banyak mitos-mitos yang menyangkutkan kehadiran Candi ini dengan beberapa hal bau kesetiaan pasangan.

Candi Cetho

Tidak jauh dari Candi Suku, Kamu dapat datangi Candi Cetho yang memiliki jarak sekitaran 2 jam perjalanan dari Kota Solo.

Candi bercorak Hindu ini diprediksi dibuat pada zaman kerajaan Majapahit dan sampai sekarang masih aktif dipakai sebagai tempat beribadah untuk umat Hindu yang menetap disekitaran teritori Candi.

Itu bermacam tujuan tempat wisata di Solo yang dapat Kamu telusuri saat liburan ke Kota Batik.

Supaya berlibur ke Solo lebih ringkas, Kamu dapat pesan paket wisata di Paradisonesia. Tidak itu saja, beragam keperluan traveling terkomplet dapat Kamu jumpai di Program Paradisonesia secara mudah!