Beranda Objek Wisata Indahnya Wisata Alam Guci di Bumi Bahari Tegal

Indahnya Wisata Alam Guci di Bumi Bahari Tegal

28
0
Wisata Alam Guci
foto:dosenwisata.com

Guci ialah tempat wisata alam yang komplet di Kabupaten Tegal, Jawa tengah. Tempat wisata yang berada di lereng Gunung Slamet dengan ketinggian 1.050 – 1.250 mtr. di permukaan laut (mdpl) dan luas 20 hektar ini dikenali dengan kekuatan air terjun dan sumber mata air panas alami.

Mencuplik dari dinparporakabtegal.sinau.co.id, Kamis (16/9/2021), pancuran air yang ada di rekreasi Guci ini ialah pancuran 5, pancuran 7 dan salah satunya yang terpanas ialah sumber panas pancuran 13.

Objek Wisata Sumber air panas Guci ini kaya kandungan elemen belerang dan mineral yang lain tidak bau, warna jernih, tidak terasa dan mengucur terus-terusan. Sarana yang ada lumayan komplet, seperti hotel, vila, home stay, restaurant, tempat bermain, rekreasi pembelajaran, out bond, bumi perkemahan, waterboom, kuda rekreasi, cenderamata, kolam renang, dan kolam renang air panas.

Selainnya merendam, pengunjung bisa juga nikmati panorama sungai mengucur yang ada di tengah-tengah lokasi rekreasi. Air sungai itu sebagai air panas yang mempunyai kandungan yang serupa dengan pancuran air karena datang dari sumber yang serupa.

Warga di tempat yakin jika mandi di kolam pancuran ini bisa bawa karunia, terutamanya bila dilaksanakan tiap malam Jumat Kliwon yang dalam penanggalan Jawa dikenali sebagai malam sakral.

Dogma ini bermula dari riwayat nama Guci yang bermula di jaman Walisongo. Untuk menebarkan agama Islam di teritori barat Jawa tengah, diutuslah seorang wali yang tiba ke Tegal dengan diberi air yang ditaruh dalam suatu guci atau poci.

Warga yakin jika air dalam guci itu dapat bermanfaat hingga warga bersama-sama minta ke si wali. Tetapi karena jumlah airnya terbatas, karena itu si wali menanamkan tongkatnya dan secara ajaib dari lubang sisa tongkat, keluarlah air panas.

Air panas itu sejauh ini masih mengucur dan digunakan jadi pemandian dan nama tempat itu disebutkan Guci sebagai wujud penghormatan ke anggota walisongo yang bawa guci berisi air ajaib itu.

Ticket masuk Rekreasi Guci ini diperbedakan di antara anak-anak dan dewasa, dan hari biasa dan hari liburan. Untuk hari biasa, pengunjung dewasa dikenai ongkos sejumlah Rp5.000 dan pengunjung anak-anak sejumlah Rp4.500. Ongkos itu tetap ditambah lagi ongkos asuransi.

Saat hari liburan Dewasa dikenai ongkos Rp7.000, dan anak-anak dikenai ongkos Rp6.500. Ongkos itu masih tetap ditambah lagi dengan ongkos polish asuransi.

Sama dengan tempat wisata alam secara umum, tempat wisata Guci, Kalengan, Sigedong, Bumijawa ini menyajikan pemandangan keelokan alam ciri khas pegunungan tropis. Ada gardu pandang dengan lantai kaca dengan tangan emas yang paling Instagramable.

Di sejauh perjalanan Anda akan disajikan pemadangan bentangan sawah, kebun strobery, tomat, wortel, cabe, dan rimba pinus ayang lami dan bersuhu sejuk.