Beranda Banjarnagara 25 Tempat Wisata Banjarnegara yang Instagramable

25 Tempat Wisata Banjarnegara yang Instagramable

Tempat Wisata Di Banjarnegara Terbaru Yang Lagi Hits

266
0
Tempat Wisata Banjarnegara
Alun Alun Banjarnegara

Tempat Wisata Banjarnegara, Banjarnegara merupakan salah satu dari beberapa kabupaten di Jawa tengah yang mempunyai dan menyimpan banyak sekali keelokan alam perkebunan, hutan, air terjun, wisata adventure dan daratan tingginya.

Jangan sampai salah ke Jawa Barat ya, karena di Jawa Barat juga da daerah yang namanya Banjar, akan tetapi sangat jauh tempatnya dengan Banjarnegara.

Untuk anda para wisatawan terutamanya pencinta daratan tinggi atau pegunungan yang relatif udaranya lebih sejuk, Kabupaten Banjarnegara adalah salah satu lokasi yang sangat cocok dan perlu untuk di kunjugi.

Apalagi bagi Anda yang ingin atau pernah bahkan sudah tahu mengenai kawasan daratan tinggi dieng, yang terkenal dengan negeri di atas awan itu, karena Dieng adalah salah satu kekayaan alam Banjarnegara yang telah populer ke seluruh penjuru Indonesia bahkan dunia.

Kawasan daratan tinggi dieng yang secara administratif masuk ke 2 wilayah kabupaten, yaitu masuk yang pertama adalah kawasan kabupaten yakni Wonosobo untuk Dieng Wetan dan Kabupaten Banjarnegara untuk Dieng Kulon.

Tenang saja, kali ini kami tidak hanya akan membahas objek wisata yang ada di dieng Banjarnegara dan tidak cuma kawasan wisata di daratan tinggi dieng saja yang disuguhi oleh Banjarnegara, melainkan kami akan mengulas 25 Tempat Wisata Banjarnegara yang saat ini masih atau sedang populer di kalangan wisatawan, baik wisata buatan maupun wisata alam.

25 Tempat Wisata Banjarnegara yang Instagramable

Curug Pitu Banjarnegara

Selain udara yang sejuk, Banjarnegara juga terkenal dengan sumber air yang jernih, sehingga kita pasti akan mendapati banyak curug. Memang betul, curug atau air terjun yang berada di Kabupaten Banjarnegara cukup banyak.

Salah satu Curug/Air terjun yang menjadi tempat wisata di Banjarnegara ialah Curug Pitu yang ada di Dusun Sigaluh, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara.

Persis Seperti nama yang di berikan oleh warga sekitar, yang jika di artikan dengan bahasa Indonesia berarti air terjun tujuh, curug ini mempunyai 7 tingkat.

Saat berkunjung ke Curug Pitu Banjarnegara, Anda dapat melalui tingkat curugnya dengan memakai tangga yang telah disiapkan oleh pengelola.

Untuk anda pencinta wisata alam, terutama air terjun atau curug pasti tempat ini akan menarik dengan keelokan yang tersimpannya, dan kesegaran air yang mengalir.

Curug Mrawu Banjarnegara

Jika curug yang ini benar-benar pas buat anda yang mencintai treking saat sebelum sampai ke Wisata khusus. Ya, untuk capai curug Mrawu anda lebih dulu harus berjalan kaki melalui jalan setapak. Diperjalanan anda akan disajikan panorama persawahan dan rimba yang pasti menganakemaskan mata. Nikmati panorama sepanjang perjalanan akan membuat capek tidak berasa. Tempat wisata di Banjarnegara Jateng yang ini jauh dari permukiman, pasti terpikir begitu syahdunya situasi disitu. Hadiah untuk perjuangan anda capai tempat Wisata ini yakni disitu tidak cuma curug Mrawu saja yang menunggu tetapi ada juga mata air Giritirta dan curug Darurat yang mempunyai daya tariknya sendiri. Ke-3 tempat wisata ini berada di Dusun Giritirta, Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Purbalingga.

Curug Pundung Sewu Banjarnegara

Curug Pundung Sewu yang masuk ke teritori Wisata di Banjarnegara ini masih nampak natural serta belum terjamah perubahan yang bermakna. Jika anda bertandang ke Banjarnegara, sebaiknya anda coba untuk telusuri Wisata alam yang ini.

Posisi : Dusun Petir, Kecamatan Purwonegoro, Kabupaten Banjarnegara

Curug Sikopel Banjarnegara

Tempat Wisata seringkali simpan dogma yang terkadang entahlah darimanakah awalnya namun jadi daya magnet yang membuat tempat itu makin sayang untuk dilewati, sebab sering membuat beberapa Traveler ingin tahu pada kebenaran dogma itu.

Salah satunya Wisata alam Banjarnegara Jawa tengah dengan dogma yang ada di dalamnya ialah curug Sikopel Banjarnegara.

Mitosnya bila mandi di curug atau air terjun yang ini bisa membuat kita tahan lama muda. Dogma ini pasti bagus sekali. Tetapi keelokan curug Sikopel tidak kalah menarik. Ada di Dusun Babadan, Kecamatan Pagetan, Kabupaten Banjarnegara.

Curug dengan tinggi 70 mtr. ini pasti sayang untuk dilewati. Apa lagi buat anda yang pengin masih tahan lama muda.

Posisi : Babadan, Pagentan, Banjarnegara

Taman Rekreasi Marga Satwa Serulingmas

Opsi pas Wisata keluarga bersama beberapa anak di Banjarnegara ialah Wisata Banjarnegara Serulingmas. Satu taman piknik yang berisi bermacam satwa yang akan menambahkan pengetahuan beberapa anak ini telah populer sejak dahulu.

Bila berkunjung Banjarnegara bersama anak karena itu Serulingmaslah opsi khusus yang sayang untuk dilewati. Serulingmas adalah simbol tempat Wisata di Banjarnegara dengan koleksi komplet satwa dan panorama alamnya yang memikat, apa lagi untuk beberapa anak. Makin membahagiakan dengan sarana yang lain seperti kolam renang, pentas terbuka dan pusara KI Ageng Selomanik.

Posisi : Kutabanjarnegara, Kec. Banjarnegara

Tampo Mas

Ke Waduk Mrica kurang komplet bila tidak ke Tampo Mas. Tempat Wisata di Banjarnegara yang ini mempunyai ketergantungan lumayan kuat dengan Waduk Mrica.

Ya, Tampo Mas berikut sebagai salah satunya simpatisan ada Waduk Mrica. Dahulunya Tampo Mas ini adalah gunung atau disebutkan dengan gunung Tampo Mas.

Selanjutnya gunung ini dihancurkan bersamaan dengan dibuatnya Waduk Mrica. Tetapi malah puing-puing sisa bukit berikut yang memancing ketertarikan Traveler, terutamanya mereka yang mengincar spot untuk photo.

Segi menarik dari Tampo Mas ialah struktur tebingnya. Disamping itu waduk yang ada di tengah bukit batunya juga jadi daya magnet tertentu.

Coba ke Wisata Banjarnegara Jawa tengah ini dan saksikan bagaimana.

Waduk Mrica Banjarnegara

Berpindah dari teritori Dieng. Daratan tinggi Dieng cuman satu dari beberapa Wisata di banjarnegara jateng. Ada banyak tujuan Wisata dalam tempat yang lain.

Waduk Mrica diantaranya. Di Waduk Mrica anda dapat nikmati bentangan permukaan air yang demikian luas. Selanjutnya bila anda pengin menyaksikan danau bikinan paling besar di Asia Tenggara, karena itu berikut danaunya.

Waduk ini adalah waduk yang membendung Sungai Serayu. Pemandangan alamnya pasti tidak perlu ditanyakan, anda dapat nikmati daya tarik alam disekitar waduk ini ditambah dengan bermacam sarana wisatanya.

Wisata keluarga akan berasa nyaman di tempat wisata Banjarnegara yang ini. Dapat dikerjakan aktivitas membahagiakan seperti memancing, naik perahu, sampai main golf.

Dan tahukah anda jika waduk ini adalah salah satunya penyuplai listrik untuk Jawa dan Bali.

Posisi : Kec. Bawang, Banjarnegara

Surya Yudha Park Banjarnegara

Berpose di muka maskot Singapura dan Amerika secara bertepatan tanpa ada program ubah photo cuman dapat dikerjakan dalam tempat yang ini. Surya Yudha Park mempunyai patung Merlion dan patung Liberty yang berdiri berdekatan.

Belum mempunyai peluang ke dua negara maju itu karena itu dapat lebih dulu berkunjung Surya Yudha Park. Tempat Wisata yang ini sebuah taman piknik air yang paling komplet di Banjarnegara.

Tempat Wisata di Banjarnegara ini mengangkat ide Wisata terintegrasi dengan bermacam kelengkapan sarana seperti hotel berbintang, ajang olahraga, rafting, Wisata outbound.

Objek wisata ini Adalah salah satunya pilihan Wisata keluarga yang memikat.

Posisi : Dusun Rejasa, Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara

Arum Jeram Serayu

Kecuali terkait dengan Tampo Mas, Waduk Mrica terkait dengan Sungai Serayu. Pasti Sungai Serayu telah tidak asing kembali di telinga warga Banjarnegara. Ditambah dengan Wisata raftingnya yang makin berkembang.

Populer kemana saja mengundang perhatian beberapa Traveler yang mencintai Wisata air dan tes adrenalin. Khususnya untuk anda yang mencintai rintangan, belum komplet bila belum coba tes adrenalin di Sungai Serayu.

Tempat wisata Banjarnegara rafting Sungai Serayu demikian menarik sebab sambil nikmati lika-liku Sungai Serayu anda pun disajikan panorama alam yang eksotis.

Posisi :  Dusun Singamerta, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara

Wadas Tumpang Banjarnegara

Ke Banjarnegara kecuali nikmati Wisata alam, kita bisa juga beWisata budaya. Ada banyak wilayah di Indonesia yang kental dengan tradisi budayanya bermacam ritusnya walau telah masuk zaman kekinian.

Bermacam rutinitas tradisi istiadat itu memang jadi kekayaan tertentu untuk bangsa Indonesia. Wadas Tumpang jadi salah satunya tempat Wisata Banjarnegara yang memperlihatkan kekentalan budaya itu.

Dahulu tempat ini populer selaku tempat pertapaan warga Banjarnegara dan sekelilingnya. Ditunjukkan dengan sesaji yang ada disitu.

Wadas Tumpang jadi lokasi yang digemari Traveler pasalnya kecuali menarik dengan segi mistiknya, tempat ini mempunyai panorama cantik dan udara sejuk ciri khas daratan tinggi.

Anda bisa juga menyaksikan kandang macan alami dari akar pohon dan kera putih berseliweran. Gunung timbunan dua batu yang diselimuti pohon beringin besar beberapa ratus tahun ini benar-benar memikat buat didatangi.

Posisi : Dusun Majalengka, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara

Anglir Mendung Banjarnegara

Anglir Mendung adalah tempat Wisata di Kabupaten Banjarnegara yang mempunyai udara sejuk sebab dikitari oleh Hutan Lindung. Dalam tempat ini terapat sarana kolam renang dan taman untuk beberapa anak bermain.

Disamping itu, jika anda ingin lakukan aktivitas di luar ruang, posisi isi pas untuk bumi perkemahan dengan kemampuan 200 tenda.

Gunung Lanang Banjarnegara

Pemberian nama lanang ( lelaki ) ini karena wujud fisik dari gunung tersebut jika disaksikan dari jarak jauh seperti alat kelamin dari golongan lelaki. Dan menurut masyarakat seputar, gunung lanang ini adalah pasangan dari gunung wadon ( wanita ) yang umum dikenali dengan gunung Tampomas.

Gunung yang terlihat unik ini cukup keramat sebab dipakai selaku tapa. Ini disaksikan dari sesaji-sesaji yang banyak ketinggalan di gunung ini.

Jadi, jika anda bertandang ke gunung ini disarankan untuk waspada dalam berbicara atau berlaku agar tidak ada suatu hal yang tidak kita harapkan.

Posisi : Dusun Masaran, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara

Kawasan Wisata Dieng Banjarnegara

Kompleks Wisata Dieng di telinga Traveler Indonesia kemungkinan telah banyak di kenal. Banyak tempat Wisata yang memikat untuk dikenali dan didatangi. Dimulai dari warisan riwayat sampai Wisata alamnya yang eksotif.

Dan berikut Wisata Dieng Banjarnegara yang kami referensikan buat anda :

Komplek Percandian Arjuna

Candi Arjuna adalah salah satunya candi di daratan tinggi dieng yang paling populer. Tiap Traveler yang tiba ke Dieng tidak akan melepaskan komplek percandian yang ini.

Bila anda pernah menyaksikan teman famili atau siapa saja berpose riang di komplek candi di Dieng karena itu dapat ditegaskan disini mereka ada, di salah satunya tujuan Wisata Banjarnegara.

Disebutkan komplek sebab benar ada banyak candi di sini, tidak cuma Candi Arjuna saja tetapi ada Candi Srikandi, Candi Puntadewa, Candi Sembadra.

Di sini juga lah Dieng Culture Festival yang terkanal itu diadakan. Udara sejuk dingin ciri khas dieng dan panorama alamnya yang eksotis akan menganakemaskan jiwa anda.

N.B. : Dieng Culture Festival ini adalah adat turun temurun pemangkasan rambut gimbal.

Posisi : Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara

Kawah Sikidang Dieng Banjarnegara

Satu kembali tempat wisata Dieng yang masuk ke daerah administratif Kabupaten Banjarnegera yakni Kawah Sikidang yang tidak kalah populer dengan tempat wisata yang lain. Tempat Wisata di Banjarnegara ini lumayan gampang dicapai. Sesampai disitu anda akan disongsong oleh daya tarik alam yang hijau dan udara yang mempersejuk jiwa. Menyaksikan rutinitas kawah langsung pasti jadi pengalaman yang memikat. Kawah Sikidang berada di Dusun Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Posisi : Dusun Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara

Telaga Merdada Banjarnegara

Bermacam Wisata dieng Banjarnegara benar-benar biasanya tercipta sebab rutinitas perut bumi, tidak kecuali telaga Merdada ini.

Bila disaksikan dari memiliki bentuk, telaga yang ini terlihat seperti kaldera sisa letusan gunung berapi yang terbenang air.

Kelebihan dari telaga Merdada kecuali keelokannya yakni jika telaga ini adalah telaga terluas di teritori Dieng.

Posisi : Dusun Karang tengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara

Kawah Candradimuka Dieng

Ada lumayan banyak kawah di daratan tinggi Dieng dan Kawah Candradimuka ialah diantaranya. Konon disini Gatutkaca, salah satunya figur pewayangan Jawa mendapatkan kesaktiannya.

Dengar namannya saja telah terpikir bagaimana gagahnya. Benar-benar begitu, di Wisata dieng Banjarnegara Kawah Candradimuka kita dapat menyaksikan rutinitas perut bumi.

Kawah ini benar-benar aktif seperti kawah-kawah yang lain di Dieng.

Posisi : Dusun Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara

Sumur Jalatunda Dieng

Namannya saja telah berkesan gahar. Teritori daratan tinggi Dieng benar-benar dipercayai selaku tempat tinggalnya beberapa dewa, udara mistik demikian berasa.

Bermacam nama tempat Wisata dieng Banjarnegara simpan keperkasaannya sendiri. Sumur Jalatunda ini berada di dusun Pekasiran Batur, Kabupaten Banjarnegara. Seperti sumur lebar berdiameter sampai 90 mtr. dan kedalaman lebih dari 150 mtr.

Sumur ini tercipta dari letusan kawah vulkanis yang berlangsung beratus tahun lalu. Coba datangi sumur yang ini dan rasakan kesannya.

Posisi : Dusun Wisata Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara

Kawah Sileri Dieng

Kawah Sileri Keadaan Kawah Sileri yang pernah meletuh seringkali pada tahun 1944, 1964, 1984, 2003, dan 2009 masih aman untuk didatangi selaku tempat Wisata di Dieng.

Nama Sileri dari kawah ini diambil dari bahasa jawa ” leri ” yang berartikan air tersisa cucian beras. Air kotor warna silver pada kawah ini seperti air cucian beras. Dan oleh karena itu kawah ini dinamakan Sileri.

Posisi : Dusun Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara

Candi Gatotkaca Dieng

Candi Gatotkaca beradakan di barat kompleks Candi Arjuna. Fasilitas yang berada di candi ini cukup komplet sebab ada warung makan dan pedagang souvenir untuk oleh-olehan ciri khas Dieng.

Museum Kaliasa Dieng

Tempat Wisata di Dieng yang ini termasuk baru sebab disahkan pada 28 Juli 2008. Diberi nama Kalisa sebab adalah rumah dari Dewa Syiwa.

Museum ini mempunyai koleksi berbentuk peninggalan arkeologis, artefak dan info alam ( flora-fauna, geologi ) dan ada banyak kembali.

Posisi : Dieng, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara

Candi Dwarawati Dieng

Walau tidak setenar Candi Arjuna dan Gatotkaca atau Candi Bima. Candi yang ini memiliki ukuran kecil dan posisinya terselinap. Candi yang dahulunya dibuat selaku penyembahan pada dewa Syiwa ini sesungguhnya mempunyai rekan seperti Candi Margasari, Candi Pandu dan Candi Parikesit.

Tetapi untuk sekarang ini, cuman Candi Dwarawati yang kuat berdiri. Bangunan candi yang lain telah remuk.

Posisi : Dusun Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara

Candi Bima Dieng

Wisata di Banjarnegara ini pernah dipugar kembali sebab kondinya yang lebih buruk di tahun 2012. Pemugaran ini dikerjakan selaku bentuk konservasi agar beberapa benda warisan riwayat tinggal remuk atau hancur dikonsumsi jaman.

Sedangkan untuk arsitekturnya, Candi Bima ini serupa dengan candi-candi di India. Dan termasuk unik sebab berlainan dengan candi-candi terkenal yang lain yang berada di Dieng.

Posisi : Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara

Bukit Asmara Situk

Berlainan kembali bila Anda pengin berlibur dengan situasi romantis. Ada bukit asmara situk yang mempunyai situasi alam benar-benar syahdu dan landscape pegunungan dan saluran sungai yang menarik. Nanti dari atas gardu pandang Anda dapat menyaksikan keelokan alam di bukit ini semakin memesona.

Bukit Asmara Situk ini berada di Dusun Kalilunjar, Kecamatan Banjarmangu. Ada beberapa spot yang photo yang dapat Anda pakai untuk memfoto.

Telaga Dringo

Jika Telaga yang ini adalah telaga yang paling tinggi di daratan tinggi Dieng. Dapat disebutkan yang paling indah. Bila anda benar-benar pengin menyaksikan eksotisme Ranukumbolo di kaki Mahameru, karena itu dapat juga anda menikmatinya di Wisata dieng Banjarnegara.

Sudah begitu banyak yang menjelaskan jika Telaga Dringo ini adalah Ranukumbolo-nya Jawa tengah. Sedikit berusaha lakukan treking seputar 20 menit di medan tanah dan berbatu pasti bukan permasalahan bila diakhir perjalanan anda akan nikmati keelokan Telaga yang ini.

Telaga ini lumayan dekat dengan Kawah Candradimuka. Jadi anda dapat sekalian berkunjung dua tempat wisata Banjarnegara ini.

Betul-betul cantik dan mengagumkan tempat Wisata Banjarnegara. Untuk anda yang domisili di Jawa tengah dan sekelilingnya, silahkan bertandang ke tujuan Wisata Banjarnegara yang telah kami ulas sedikit di atas. Mudah-mudahan berguna dan jadi informasi liburan yang membahagiakan buat anda dan keluarga.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini